Kayu Mahoni


Kayu Mahoni(Mahagony) merupakan alternatip pilihan selain kayu Sengon maupun Pinus. Hal ini karena Kayu Mahoni masih banyak jumlahnya yang tersebar hampir di seluruh Kepulauan Indonesia. Untuk harganya pun masih terjangkau baik dari segi harga beli maupun harga jual yang relative menarik. Di sekitar PK Duta Rimba tepatnya di Banyumas Jawa Tengah, untuk jenis kayu mahoni masih sangat-sangat banyak.
Mahoni termasuk pohon besar dengan tinggi pohon mencapai 35-40 m dan diameter mencapai 125 cm.Batang lurus berbentuk silindris dan tidak berbanir.luar berwarna cokelat kehitaman, beralur dangkal seperti sisik, sedangkan kulit batang berwarna abu-abu dan halus ketika masih muda, berubah menjadi cokelat tua, beralur dan mengelupas setelah tua. Mahoni baru berbunga setelah berumur 7 tahun, mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benangsari melekat pada mahkota, kepala sari putih, kuning kecoklatan. Buahnya buah kotak, bulat telur, berlekuk lima, warnanya cokelat. Biji pipih, warnanya hitam atau cokelat. Mahoni dapat ditemukan tumbuh liar di hutan jati dan tempat-ternpat lain yang dekat dengan pantai, atau ditanam di tepi jalan sebagai pohon pelindung. Tanaman yang asalnya dari Hindia Barat ini, dapat tumbuh subur bila tumbuh di pasir payau dekat dengan pantai.

Pohon mahoni bisa mengurangi polusi udara sekitar 47% - 69% sehingga disebut sebagai pohon pelindung sekaligus filter udara dan daerah tangkapan air. Daun-daunnya bertugas menyerap polutan-polutan di sekitarnya. Sebaliknya, dedaunan itu akan melepaskan oksigen (O2) yang membuat udara di sekitarnya menjadi segar. Ketika hujan turun, tanah dan akar-akar pepohonan itu akan mengikat air yang jatuh, sehingga menjadi cadangan air. Buah mahoni memiliki zat bernama flavonolds dan saponins.Flavonolds sendiri dikenal berguna untuk melancarkan peredaran darah sehingga para penderita penyakit yang menyebabkan tersumbatnya aliran darah disarankan memakai buah ini sebagai obat. Khasiat flavonolds ini juga bisa untuk mengurangi kolesterol, penimbunan lemak pada saluran darah, mengurangi rasa sakit, pendarahan dan lebam, serta bertindak sebagai antioksidan untuk menyingkirkan radikal bebas. Sementara itu, saponins memiliki khasiat sebagai pencegah penyakit sampar, bisa juga untuk mengurangi lemak di badan, membantu meningkatkan sistem kekebalan, mencegah pembekuan darah, serta menguatkan fungsi hati dan memperlambat proses pembekuan darah. Sifat Mahoni yang dapat bertahan hidup di tanah gersang menjadikan pohon ini sesuai ditanam di tepi jalan. Bagi penduduk Indonesia khususnya Jawa, tanaman ini bukanlah tanaman yang baru, karena sejak jaman penjajahan Belanda mahoni dan rekannya, Pohon Asam, sudah banyak ditanam di pinggir jalan sebagai peneduh terutama di sepanjang jalan yang dibangun oleh Daendels antara Anyer sampai Panarukan. Sejak 20 tahun terakhir ini, tanaman mahoni mulai dibudidayakan karena kayunya mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi. Kualitas kayunya keras dan sangat baik untuk meubel, furnitur, barang-barang ukiran dan kerajinan tangan. Sering juga dibuat penggaris karena sifatnya yang tidak mudah berubah. Kualitas kayu mahoni berada sedikit dibawah kayu jati sehingga sering dijuluki sebagai primadona kedua dalam pasar kayu. Pemanfaatan lain dari tanaman mahoni adalah kulitnya dipergunakan untuk mewarnai pakaian. Kain yang direbus bersama kulit mahoni akan menjadi kuning dan tidak mudah luntur. Sedangkan getah mahoni yang disebut juga blendok dapat dipergunakan sebagai bahan baku lem, dan daun mahoni untuk pakan ternak. Mahoni dapat tumbuh dengan subur di pasir payau dekat dengan pantai dan menyukai tempat yang cukup sinar matahari langsung. Tanaman ini termasuk jenis tanaman yang mampu bertahan hidup di tanah gersang sekalipun. Walaupun tidak disirami selama berbulan-bulan, mahoni masih mampu untuk bertahan hidup. Syarat lokasi untuk budi daya mahoni diantaranya adalah ketinggian lahan maksimum 1.500 meter dpl, curah hujan 1.524-5.085 mm/tahun, dan suhu udara 11-36 C.

4 komentar:

  1. Beli / Cari / butuh papan kayu mahoni (untuk flooring) jangka panjang
    ****
    Ukuran
    -Tebal 2.4cm inv.2mm
    -Lebar 14cm dan 11cm inv. 5mm
    -Panjang minimal 50cm klipatan 15cm inv. 2Cm

    Kriteria:
    Tidak pinhole
    Tidak busuk
    Kotak tanpa kulit
    1Muka bagus
    hati srempet boleh 1Sisi


    D kirim gudang plumbon cirebon
    Pembayaran selesei telly grade lgsg cash

    Hub: faisal 08562810600
    @Harga 2.9jt untuk lebar 14cm
    @Harga 2.5jt untuk lebar 11cm (mak. 20% setiap kirim)

    BalasHapus
  2. dijual Mahoni log veneer jumlah banyak hub. 085791000046

    BalasHapus
  3. saya butuh kayu lokal/kayu jawa/kayu rimba, yg karakter kayunya keras, serat halus dan tidak blustin.
    yang ada barang yg sesuai dg yg saya butuhkan, silahkan ditawarkan ke saya.
    saya butuh panjang 1 meter.. ukuran 3x5x100, 2,5x2,5x100, 5x7x100,
    ukuran bisa menyesuaikan asal harga cocok.
    kebutuhan saya 25-35m3 per bulan. dan kalo cocok, kerjasama terus berlanjut. saya lokasi pasuruan.
    monggo ditawarkan ke 081331553590/081936927116

    BalasHapus
  4. saya butuh kayu lokal/kayu jawa/kayu rimba keras: nangka/durian/waru gunung/gmelina/mahoni/akasia/mindi untuk pabrik. Supply continue terus. HUBUNGI HENGKY 0811317852

    BalasHapus